Kamis, 04 November 2010

Yasser..

Rabu kemarin Yasser ga masuk sekolah. Katanya sih sakit (meski cuma batuk bangkong) tapi dia menolak sekolah. Ya saya ga mau maksa, takutnya dia malah ogah-ogahan terima pelajaran di sekolah. Akhirnya hari Rabu itu, dia seharian diam di rumah. Maka di pagi itu, ga ada acara harus mandi subuh, sarapan diburu-buru dan pake baju sambil diomelin! Pagi itu terasa smooth dan tenang!

Malamnya pas saya pulang kerja, ibuku cerita bahwa tadi siang Yasser main karate-karatean, trus baby Jasmine yang lagi merangkak sana sini, dia tendang-tendang (??) sampe si mbak yang jagain teriak-teriak ngeri. Tentu yang dimaksud 'tendang-tendang' disini tidak sama dengan menendang bola loh! Yasser cuma nendang pelan dengan maksud bercanda. Tapi meski bercanda, si mbak tetap ngeri takutnya Yasser ga sengaja nendang kenceng!. Udah gitu, pas saya lagi gendong Jasmine, Yasser kembali mengganggu adiknya dengan menginjak (pelan) telapak tangan baby Jasmine beberapa kali. Saya berusaha untuk tidak marah dan berkomentar apa-apa (meski dalam hati gemas pengen ngamuk padanya!). Saya saat itu merasa bahwa Yasser sedang cari perhatian dan memancing apakah saya marahin dia atau tidak?

Kenapa Yasser jadi 'over' gitu? saya pikir ini ada sebab akibat! dan setelah saya pikir-pikir lagi, sepertinya prilaku Yasser yang mendadak malas sekolah dan mengganggu adiknya karena 2 kejadian: pertama, malam selasa lalu, dia dimarah dan dipukul pantatnya oleh my hubby. Itu karena, my hubby kesal lihat Yasser sampai jam 10 malam masih juga main laptop! padahal besok pagi dia harus bangun subuh untuk sekolah. tau sendiri yasser kalo dibangunin subuh susyaahhhh minta ampun! so....gimana pula kalo dia tidurnya larut? makin susah donk bangun paginya?. Yasser juga kalo udah main suka ga inget sholat, ga inget belajar, ga inget makan, pengen pipis pun ditahan! pokoknya disitu tho!.

Kalo sebab yang kedua: dia mungkin jenuh dan kesal karena hampir tiap pagi kami semua (saya, my hubby, ibuku, termasuk kakaknya Yassin!) suka ngomel padanya! ya ngomel atas sikapnya yang males-malesan untuk bangun, mandi dan sholat sampai kalo sarapan lamaaa banget!. Mungkin dia juga kesal dengan ucapan saya setiap pagi: "cepat mandi Yasser, mumpung Jasmin masih tidur! nanti kalo Jasmine bangun, mama ga bisa mandiin kamu!" atau "ayo cepetan makannya, si mbak kan harus gendong Jasmine!". Maka ga heran kalo dia 'ngarah' adiknya!. Mungkin dia pikir "gara-gara kamu, aku jadi diburu-buru ngerjain ini-itu!".

Akhirnya, tadi malam saya tergerak untuk kembali mendekatkan diri padanya. Saya sadar, memang sejak ada baby Jasmine, ada jarak terbentang antara saya dan dia! saya sibuk dengan baby Jasmine. Saya cuma bisa menyuruh ini itu sama dia tanpa sempat membelai dia saat dia tidur! kalo dulu sebelum ada baby Jasmine, saat saya hamil Yasser selalu tidur diantara saya dan hubby!. Dia sering bermanja-manja pada kami. Tapi sekarang? mungkin dalam pikirannya semua orang bisanya (terutama mama-papa) cuma ngomel dan marahi dia! .

Kemudian saat suami pulang, saya juga cerita tentang kenapa Yasser jadi males sekolah dan ngambek ke adiknya! suami cuma diam dan termenung! trus saya juga minta dia agar lebih mendekati Yasser! saya ingat kemarin waktu ada suaminya adik ipar, saya sedang menemani Yasser bikin PR, sementara my hubby yang baru pulang dari kantor sedang makan. Terus karena baby Jasmine pengen bobo, maka saya membiarkan Yasser ngerjain PR ditemani suami adik iparku itu. Terus dikamar sayup-sayup saya mendengar sodara saya itu menanyakan Yasser apakah papanya suka menemani dia belajar? Yasser bilang "papa sih bisanya cuma nyuruh-nyuruh aja, tapi ga pernah nemenin Yasser belajar! cuma mama yang suka nemeni ngerjain PR!"

Setelah mendengar cerita saya itu, tadi malem my hubby tidur sama Yasser. sedangkan saya dan baby Jasmine ngungsi ke kamar ibu. Saya kasih kesempatan my hubby untuk berdua dengan Yasser, biar Yasser tau bahwa papanya tetap sayang dan perhatian padanya!



4 komentar:

  1. Yasser minta perhatian papanya yach, lebih baik jangan dipukul, malahan tambah berontak ....biasanya kalo punya adik kecil, anak suka berulah karena merasa kurang diperhatikan ma orangtuanya yach, moga tambah besar yasser tambah sayang ma adik Jasmine nya ya.

    BalasHapus
  2. iya bunda..kayaknya dia lg cari perhatian tuh! utamanya ama ayahnya. karena dia udah ga kebagian perhatian saya, so dia minta perhatian bapaknya ya?

    BalasHapus
  3. saya dulu waktu kecil begitu nggak ya?

    BalasHapus
  4. @M A Vip: kayaknya Engga! kan dulu pendiam, manis dan lucu..remember?? :)

    BalasHapus